Skip to main content

Perbedaan kabel Straight dan Cross


  Tahukah kamu? iya kamu? setiap jaringan yang transmisinya menggunakan kabel UTP  terdapat 2 jenis kabel... apa saja?

sebelum itu perkenalan dulu dengan kabel UTP nya... tak kenal maka tak sayang (dia aja gk sayang).
kabel UTP terdiri dari 8 pin yaitu oren putih, oren, hijau putih, hijau, biru putih, biru, coklat putih, coklat. yang menggunakan connector RJ45 dan di colokan ke network adapter Eth.

Jenis kabel UTP tersebut

Straight

yeng berarrti lurus kabel jenis ini berfungsi untuk menghubungkan device yang berbeda.
contoh :
- Komputer dengan switch
- Router dengan switch

dan urutan kabelnya yaitu
- oren putih
- oren
- hijau putih
- biru
- biru putih
- hijau
- coklat putih
- coklat

Crossover

yang berarrti silang jenis ini berfungsi untuk menghubungkan device yang sama.
contoh :
- Komputer dengan Komputer
- Router dengan Router

dan urutan kabelnya yaitu :
- hijau putih
- hijau
- oren putih
- biru
- biru putih
- oren
- coklat putih
- coklat

perlu di ketahui... untuk kabel crossover ujung kabel A adalah urutan kabel straight dan ujung kabel B adalah urutan kabel crossover.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan root dan user

bagi yang baru menggunakan linux... pastinya harus tau apa sih bedanya root dengan user biasa? root adalah tingkatan akun tertinggi yang bisa melihat, mengubah, mengedit dan menghapus file atau system yang ada di linux sedangkan user biasa terbatas. misalkan saya mempunyai rumah, dan saya ini adalah sebagai root atau pemegang kunci rumahnya. jadi saya bisa masuk kerumah saya dan bebas mau ngapain. sedangkan user biasa dia tidak punya hak akses ke rumah saya dikarenakan user biasa atau bukan pemegang kuncinya. bedanya user biasa dan root di tandai dari : "user@pc:~$" ini adalah penanda kalau masih menggunakan user biasa.  lalu, untuk masuk ke akun superuser atau root pada linux, menggunakan command "su" lalu masukkan password root nya. maka, kalau sudah masuk di tandai dengan "root@pc:#". disini ada perbedaan mencolok antara user biasa dan root. kalau user biasa bertanda "~$" sedangkan root "#" . note : jika anda men

System Operasi

 mungkin anda sudah tau apa itu OS tetapi sulit penjelasannya dan sebagai mana contohnya yang sering anda liat di setiap komputer yang anda mainkan... kali ini saya akan menjelaskan OS itu apa? jenis nya apa aja?  Operating System adalah perangkat lunak system yang bertugas mengcontrol perangkat keras dan berbagai system. Tanpa adanya OS komputer tidak bisa di pakai untuk melakukan kegiatan. OS merupakan system perangkat lunak dasar yang dapat menjalankan perangkat lunak lainnya (aplikasi). Jenis OS ada 2 yaitu Closed source  closed source adalah Operasi System yang source kode yang tidak di buka untuk umum dan mempunyai hak cipta sehingga yang boleh merubah adalah si pemilik OS tersebut. kelebihan : memudahkan pengguna dalam menggunakannya system stabil adanya support dari pengembang kekurangan : tidak bisa dirubah sesuai keinginan adanya biaya rentan virus   Open Source Open Source adalah OS yang source kode nya di buka untuk umum. jadi setiap

About

di blog ini... akan memberi tahukan seputar pembelajaran dan teknik tentang ilmu yang ada di komputer maupun smartphone terutama pada sebuah pembelajaran tentang jaringan. terimakasih atas kunjungannya semoga apa yang saya berikan dapat dimengerti oleh pembaca, apabila tidak ada yang dimengerti mohon di tanyakan. thanks for visit!